Subhanallah... Berbagai Produk Lebah

PROPOLIS
  1. Berasal dari getah resin tanaman dari kelompok pinus dan akasia. Resin "dikunyah" bersama air liur lebah, lalu disimpan dalam keranjang polen. Propolis dipakai untuk menambal sarang dan pembalsam benda asing yang masuk ke dalam sarang. Propolis digunakan sebagai salah satu bahan membungkus mumi karena kandungan antimikrobanya tinggi.
  2. Propolis kaya kandungan antibakteri, anticendawan, dan antivirus sehingga dapat dipakai untuk mengatasi DM, stroke, hepatitis, kanker, hipertensi, tuberkulosis, batu ginjal, dan HIV/AIDS.
 MADU/  NAMBUR MADU
3.      Cadangan makanan berasal dari nektar yang dicampur dengan cairan khusus yang diproduksi lebah pekerja. Madu disimpan dalam sarang-sarang berbentuk heksagonal. Bentuk persegi enam itu mampu menyimpan madu lebih banyak dari kebutuhan. Satu koloni lebah bias menghasilkan 60 kg madu.
4.      Madu memperbaiki peristaltic di usus dan di lambung sehingga penyerapan kalsium berjalan lebih baik. Madu juga menstabilkan tekanan darah, sumber energy instan dan kandungan glukosanya aman untuk penderita diabetes mellitus.
POLEN DAN BEE POLLEN
5.      Merupakan pakan untuk larva umur 1-4 hari.
6.      Konsumsi polen meningkatkan energy tubuh manusia.
BEE BREAD
7.      Bee bread sumber makanan utama larva. Bee bread mengandung madu dan polen yang sudah dicerna lebah. Kandungan gizinya lebih baik ketimbang sekedar polen karena dihasilkan dari hasil fermentasi. Prose situ menyebabkan bee bread lebih gampang dicerna manusia dan kandungan gizinya tidak gampang hilang.
8.      Dalam ilmu pengobatan Cina, beebread dipercaya memperkuat fungsi hati, kantong empedu, otot mata, imaginasi dan kreativitas, serta memulihkan energy. Bee bread juga baik dikonsumsi mereka yang mengalami masalah di saluran pencernaan.
MALAM/ LILIN, BEE WAX
9.      Merupakan hasil metabolism lebah pekerja umur 8 hari. Bahan baku utama sarang lebah itu merupakan hasil dari pemrosesan madu di dalam tubuh lebah dan dikeluarkan melalui kelenjar malam alias wax gland. Malam juga dipakai untuk menutup sarang berisi madu dengan kadar air rendah sebagai cadangan makanan.
10.  Antara lain dimanfaatkan oleh industry farmasi sebagai bahan pembuat plester dan obat-obatan luar. Manfaat lain sebagai bahan membatik, lilin, krim dingin dan losion (kosmetik), serta campuran pensil dan semir.
ROYAL JELI
11.  Royal jeli alias susu lebah berwarna putih kental dihasilkan oleh kelenjar hipefaringeal lebah perawat. Merupakan makanan untuk larva calon ratu lebah. Untuk mendongkrak produksi royal jeli peternak kerap membuat sarang buatan calon ratu-bentuknya lonjong.
12.  Royal jeli kaya kandungan asam amino, vitamin E dan B kompleks, dan gonadtropin-penstimulir organ reproduksi ratu dan pematangan telur. Makanya royal jeli dipercaya berkhasiat awet muda, meregenerasi sel, dan mempermudah mendapatkan keturunan.
RACUN/ SENGAT LEBAH
13.  Terapi dengan racun atau sengat lebah dikenal dengan apipunktur. Untuk mendapatkan racunnya, produsen di Eropa melewatkan lebah ke daerah beraliran listrik. Lebah yang terkejut mengeluarkan racun. Di tanah air terapi sengat lebah menggunakan lebah hidup dengan menusukkan sengat ke bagian sakit. Sengat mengeluarkan racundan terlepas dari tubuh lebah menyebabkan lebah mati. Terapi dengan sengat lebah mengobati encik, migraine, rematik, dan jantung. Terapi ini lebih efektif jika dikombinasikan dengan pemberian madu, propolis, royal jeli, dan polen.





Sumber : Trubus Cipta Sehat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Subhanallah... Berbagai Produk Lebah"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *