Kendalikan Gula Darah Dengan Bawang Merah

Banyak orang tahu bahwa bawang merah tak lebih dari bumbu masak dapur yang tidak memiliki khasiat kesehatan apapun. Namun faktanya, ternyata bawang merah telah lama dipercaya oleh para ilmuwan kedokteran memiliki khasiat sebagai pengendali diabetes.
Para peneliti India pernah melakukan penelitian terhadap bawang merah, baik berupa bawang merah yang telah dijus maupun bawang merah yang masih utuh, seberat 25-200 gram pada subjek yang ditelitinya.
Hasilnya, semakin banyak bawang merah yang diberikan maka makin besar pula gula darah yang berkurang. Tidak ada perbedaan khasiat antara bawang merah mentah dengan bawang merah yang sudah direbus.
Menurut banyak peneliti, bawang merah memiliki kemampuan dalam memengaruhi metabolisme gula dalam hati, atau metabolisme pelepasan insulin. Sejatinya, sudah puluhan tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1923 para ahli telah mendeteksi adanya depressor gula darah dalam bawang merah ini.
Dan pada tahun 1960-an para peneliti kemudian mengisolasi senyawa anti-diabetes yang kemudian disebut dengan tolbutamide yang terkandung dalam bawang merah yang memiliki kinerja mirip dengan obat farmasi anti-diabetes yang umum.
Cara kerja tolbutamide sendiri ialah dengan melakukan rangsangan sintetis dan pengeluaran insulin. Pada penelitian yang menggunakan hewan kelinci ditemukan bahwa ekstrak bawang merah, 77 persen sama efektifnya dengan dosis standar tolbutamide.
Dalam penelitian lainnya ditemukan bahwa bawang merah memiliki efek untuk menurunkan kadar gula dan lemak di dalam darah. Makanya, banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk menambahkan banyak bawang merah kepada setiap masakan mengingat khasiatnya yang cukup besar terutama bagi para penderita diabetes.
Bagaimanapun, masih banyak “instrumen” alam yang ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kelangsungan hidup manusia, termasuk bawang merah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kendalikan Gula Darah Dengan Bawang Merah"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *