Kiat-Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga Kadar Gula Darah

Anda harus pandai dalam menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil. Gula darah yang tinggi dapat menjadi salah satu faktor penyakit ginjal. Data yang dirilis oleh Indonesia Renal Registry menyebutkan bahwa pada 2010 silam, penyakit diabetes menyumbang sekitar 25% yang menyebabkan penyakit ginjal.

Menjaga Kesehatan Fisik

Anda juga mesti pandai dalam menjaga kesehatan fisik dengan cara sering berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan menyehatkan. Ingatlah bahwa makanan yang banyak mengandung zat pewarna sangat berperan dalam memengaruhi kondisi ginjal seseorang.
Begitu juga dengan kopi dan teh yang bila terlalu sering dikonsumsi, dapat mengganggu kinerja ginjal. Mulai saat ini, cobalah untuk lebih bijak dalam menyantap makanan/minuman dan rutin berolahraga fisik.

Menjaga Tekanan Darah

Data menunjukkan bahwa pada tahun 2010, darah tinggi turut andil dalam menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35%. Maka itu, Anda dituntut harus pandai dalam menjaga tekanan darah supaya tidak melonjak. Hindari makanan-makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah.

Cukup Minum Air Putih

Kaitannya dengan mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain dengan banyak mengonsumsi air putih yang memang sudah wajib untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, cairan di dalam tubuh juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Dehidrasi atau kekurangan cairan sebaiknya dihindari supaya kinerja ginjal dapat terus terjaga.

Tidak Merokok dan Rutin Memeriksakan Diri

Lagi-lagi, merokok merupakan penyebab timbulnya berbagai macam penyakit di tubuh, salah satunya ginjal. Makanya, mulai saat ini, sebisa mungkin Anda mesti mengurangi atau bahkan tidak sama sekali merokok demi kesehatan ginjal Anda. Ginjal sebaiknya juga diperiksakan secara rutin dalam bentuk pemeriksaan protein dalam urin dan mengukur laju filtrasi glomerulus atau LFG.
Itulah beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan ginjal supaya tetap berfungsi dengan baik. Bagaimanapun, Anda harus sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan organ ginjal yang memiliki fungsi penting di dalam tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat-Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *