Sayur - Sayuran Yang Menyehatkan Organ Ginjal

Sayur - Sayuran Yang Menyehatkan Organ Ginjal |

Ginjal merupakan organ yang memiliki ukuran yang kecil namun merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh kita. Ginjal berjumlah 2 buah yaitu di sebelah kiri dan disebelah kanan yang berada di bagian pinggang agak ke belakang. Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting yaitu menyaring kotoran yang berada di dalam darah dan kemudian mengeluarkan kotoran tersebut bersamaan dengan air seni (urin).

Bila salah satu ginjal tidak berfungsi maka ginjal lain masih bisa menggantikan fungsi dari ginjal yang rusak namun kerjanya akan lebih berat dan penderita akan memiliki keterbatasan dalam hal beraktivitas dan juga dalam hal makanan dan minuman. Namun, jika ginjal rusak keduanya maka bisa mengakibatkan kematian dan hanya bisa dicegah melalui transplatasi ginjal ataupun dialisis (proses cuci darah menggunakan mesin yang fungsinya menyerupai fungsi ginjal).

Oleh karena itulah sangat penting bagi kita menjaga organ kecil berbentuk menyerupai kacang ini. Untuk menjaga kesehatan dari ginjal kita, maka Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi beberapa jenis sayuran.

Sayuran pertama yang bisa menyehatkan ginjal kita adalah kubis. Hal ini disebabkan karena kubis memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi, khususnya vitamun C dan vitamin K. Kubis baik untuk orang yang memiliki kandungan kalium dalam jumlah yang rendah di tubuhnya yang bisa menyebabkan gangguan pada ginjal tersebut. Kandungan lainnya yang terdapat dalam kubis adakah photochemicals yang baik untuk meningkatkan kesehatan dari jantung Anda dan mencegah atau membantu proses penyembuhan penyakit kanker.

Sayuran lainnya yang baik bagi ginjal Anda adalah kembang kol. Kembang kol, seperti halnya kubis, dapat menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kembang kol juga baik untuk membantu proses dari detoksifikasi atau penyaringan racun di ginjal. Kembang kol juga baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami peradangan di ginjal ataupun oksidasi di ginjal mereka.

Bawang-bawangan (bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay) merupakan tanaman lainnya yang dapat menyehatkan ginjal Anda. Sifat antioksidan yang sangat tinggi dalam bawang putih akan membantu menyembuhkan radang di ginjal dan bawang putih juga dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam darah. Sedangkan bawang merah ataupun bawang bombay bisa membantu mencegah proses pembentukan kristal dan batu di dalam ginjal serta mencegah terjadinya pengentalan darah.

Selain sayuran diatas, sayuran lainnya yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal kita adalah wortel, buncis, lobak, dan juga biji labu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah pada ginjal dan selamat menjalani hidup sehat.


Sumber : bpostindonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sayur - Sayuran Yang Menyehatkan Organ Ginjal"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *