Tingkatkan Energi Dengan Non-Kafein

Salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk meningkatkan energi mereka adalah dengan mengonsumsi kafein.

Padahal sebenarnya terlalu banyak mengonsumsi kafein tidak terlalu baik bagi tubuh. Konsumsi kafein hanya akan menyebabkan Anda merasa lelah setelah efek kafein itu hilang. Sebaiknya coba beberapa cara meningkatkan energi berikut ini yang sama sekali tak melibatkan kafein, seperti dilansir oleh Care2.

1) Minum
 Dehidrasi adalah salah satu penyebab umum seseorang mengalami kelelahan dan seolah kehilangan energi. Tubuh yang kekurangan cairan tak akan mampu menjalankan fungsi metabolisme. Hasilnya, Anda akan merasa payah dan tak bertenaga. Satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah minum air dan memenuhi cairan tubuh.

2) Makan
Makanan adalah bahan bakar penting ketika Anda mengalami kekurangan energi. Namun tentunya Anda harus memilih makanan yang tepat. Hindari makanan yang mengandung gula, karbohidrat olahan, atau junk food. Lebih baik konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat asli seperti gandum utuh.

3) Mengunyah
Permen karet tak hanya bisa membuat napas menjadi segar, namun juga bisa memberikan asupan energi. Sebuah penelitian tahun 2012 menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama 15 menit memiliki energi lebih banyak dibanding mereka yang tidak mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet juga meningkatkan fokus dan kewaspadaan karena meningkatkan aliran darah ke otak dan sistem saraf. Pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula agar tidak merusak gigi.

4) Bergerak
Melompat-lompat di depan komputer mungkin akan membuat Anda terlihat konyol. Namun cara ini ternyata ampuh untuk meningkatkan energi saat bekerja. Selain melompat-lompat, berjalan-jalan juga bisa membantu Anda meningkatkan energi. Jika merasa butuh energi saat bekerja, cobalah untuk bangun dari tempat tidur dan berjalan-jalan sejenak.

5) Bermain Game
Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang membuat otak bekerja bisa membuat otak semakin aktif dan waspada. Secara tak langsung ini juga bisa meningkatkan energi Anda dalam berpikir. Cobalah untuk bermain game yang membuat otak berpikir seperti sudoku, puzzle, atau catur.

6) Dengarkan Musik
 Mendengarkan musik akan membuat otak bekerja lebih cepat dan meningkatkan detak jantung. Ini membuat energi mengalir lebih banyak dan cepat ke seluruh tubuh. Dengarkan lagu yang bertempo cepat, dan jika bisa, ikutlah bernyanyi dengan keras.

7) Lampu Terang
Coba ganti lampu Anda dengan lampu yang lebih terang. Lampu yang terang memberikan sinyal 'bangun' pada otak. Ini membuat Anda kembali fokus, waspada, dan kembali bertenaga untuk bekerja. Dengan lampu terang Anda juga melindungi kesehatan mata, dibandingkan dengan bekerja menggunakan lampu yang remang-remang.

8) Pijat
Ini tentunya salah satu cara menyenangkan untuk meningkatkan energi. Cobalah untuk memijat diri Anda pada bagian telinga luar dari atas ke bawah selama 30 detik. Ini akan membantu Anda untuk kembali waspada, fokus, dan berenergi untuk kembali bekerja.

Sumber: www.merdeka.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tingkatkan Energi Dengan Non-Kafein"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *