Beberapa hal biasa sebagai pemicu serangan jantung

Mandi air hangat di musim dingin
Mandi air hangat adalah kebiasaan yang menyenangkan. Terlebih jika suhu sekitar sedang dingin dan membuat kita malas beraktifitas. Selain membuat tubuh merasa nyaman lelah pun hilang seketika setelah mandi air hangat. Tapi tahukah anda bahwa mandi air hangat dapat memicu serangan jantung? Sebuah penelitian di Jepang tahun 2005-2007 menyatakan bahwa serangan jantung meningkat hingga 10 kali lipat pada musim dingin daripada musim hangat. Mandi air panas pada cuaca dingin akan mengakibatkan turunnya tekanan darah secara drastis. Jelas hal ini akan berdampak pada penurunan fungsi kerja jantung secara mendadak. Hal inilah yang memicu serangan jantung. Kematian mendadak akibat mandi air hangat bahkan lebih besar prosentasenya dibandingkan dengan aktivitas olahraga.

Minum air dingin setelah makan
Jika anda adalah orang yang hobi minum air dingin setelah makan, berhati-hatilah. Minum air dingin dapat menjadi pemicu serangan jantung. Menurut ilmu kedokteran, konsumsi air dingin setelah makan dapat membentuk pembekuan makanan berminyak yang baru saja disantap. Bagi penderita obesitas, ini adalah kebiasaan yang akan mengancam kesehatan anda. Terlebih bagi penderita penyakit jantung koroner, hawa dingin yang ditimbulkan dapat memicu pengerasan saluran arteri koroner sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh arteri koroner. Dan tinggal menunggu waktu terjadi serangan jantung.

Mendengkur
Apnea tidur obstruktif adalah penyakit yang sering dikaitkan dengan mendengkur kronis. Para penderita apnea tidur berkepanjangan akan mengakibatkan tekanan darah tinggi dan dapat menyebabkan pembesaran jantung dengan resiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.

Malas melakukan aktifitas
Sebuah penelitian yang melihat kaitan akan kegiatan seseorang dan kepemilikannya mempengaruhi kesehatan menemukan bahwa orang-orang yang memiliki mobil maupun televisi beresiko terkena serangan jantung hingga 27 persen lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak memilikinya. Perkembangan teknologi membuat orang semakin malas melakukan berbagai aktifitas sehingga resiko penyakit justru bertambah. Namun anda tidak perlu khawatir, resiko serangan jantung dapat dihindari dengan hidup sehat. Dengan melakukan berbagai aktifitas akan menurunkan resiko kita terkena penyakit jantung.

Sumber: www.tipstriksehat.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa hal biasa sebagai pemicu serangan jantung"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *