BAHAYA MAKANAN HARAM


Bahaya Bangkai
Cara mati hewan akan menentukan hewan tersebut menjadi halal atau haram menjadi salah satu alasan selain alasan tidak disebutkan nama Allah ketika memotong hewan sembelihan tersebut. Ada beberapa cara kematian hewan ternak yang menjatuhkan status hewan tersebut menjadi diharamkan diantaranya dengan cara mati tercekik, mati lewat cara kekerasan benda tumpul (dipukul), mati akibat jatuh dari ketinggian, mati ditandukan, dan mati dimangsa hewan predator.
Hewan yang mati tercekik, dalam telaah patofisiologi terjadi peristiwa terdeponya karbondioksida (CO2) karena oksigen (O2) tidak dapat masuk melalui paru-parunya yang menyebabkan peningkatan kadar CO2 yang bersifat toksik terakumulasi di seuruh tubuhnya. Sedang cara mati di mangsa predator buas juga akan mengakibatkan hewan ternak tersebut tertular mikroorganisme sangat patogenik dari gigitan air liur sang predator. Maka cara kematian hewan tersebut berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, mengapa Islam mengajarkan cara mendapatkan makanan halal dari hewan ternak dengan jalan menyembelih di lokasi anatomis yang paling tepat yakni pembuluh darah besar di leher (arteri-vena karotis), sehingga darah dapat mengalir keluar semua dan hewan tersebut dapat mati secara shock hipovolemik bukan karena intoksidasi carbondioksida (yang dalam perspektif juga relatif lebih membuat hewan menderita).

Bahaya Darah
Salah satu fungsi darah adalah sebagai sistem transportasi yang mengangkut zat-zat nutrisi hasil metabolisme dan oksigen yang bermanfaat untuk oksidasi,darah juga mengangkut sisa sampah hasil metabolisme sehingga di dalam darah terdapat sejumlah residu zat-zat kimiawi. Di antara zat yang terdapat dalam darah juga terdapat dalam urine (air seni), substansi itu akan dikirim lewat filtrasi di glomerus ginjal menjadi urine.
Beberapa sajian menu budaya lokal negara ini malah sengaja menyajikan darah yang di goreng (saren/didih) atau karena meyakini suatu kepercayaan bodoh dengan mengkonsumsi darah binatang buas seperti ular kobra yang katanya berkhasiat. Jika seseorang mengkonsumsi darah maka mikroba-mikroba patogenik dalam jumlah yang dahsyat akan ikut terkomsumsi dan kandungan urea dalam darah dapat menyebabkan hiperuremia yang mengakibatkan gagal ginjal atau hiperamoniak. Hal itu juga dapat menyebabkan koma hepatikum yang mematikan.

Bahaya Daging Babi
Sepertinya tidak ada yang dapat menandingi kerakusan babi dalam hal makan. Hingga dia memakan kotorannya sendiri. Joroknya kehidupan yang mereka lalui, tingkat kemalasan hewan ini, serta seks bebas dalam lingkungan babi adalah bentuk paling ekstrem dan liberal di banding dunia satwa lainnya. Dan menyangkut struktur biologisnya sepertinya juga tidak ada yang menandingi babi dalam hal keberadaan antibodinya dan growth hormone dan level kolesterol serta lipid dagingnya. Babi kini diketahui kadar kolesterolnya lebih tinggi 15x dibandingkan daging sapi dan ternak lain. Babi merupakan satu-satunya mamalia yang dapat mengalami jantung koroner.Profesor Sahid Athar MD menyatakan bahwa jika seseorang mengkonsumsi lemak dari hewan herbivora lemak tersebut akan dicerna (dihibdrolisa) diserap, diresintesisdan disimpan sebagai lemak manusia. Berbeda bila sumber lemak berasal dari hewan karnivora atau dari lemak babi, komposisi lemak tersebut tidak mampu dihidrolisasi oleh tubuh dan kelak disimpan sebagai murni lemak babi itu sendiri. Postulasi dari hal tersebut, perilaku-perilaku dari hewan babi akan terefleksi pada perilaku mereka yang gemar mengkonsumsinya. Bukankah ahli gizi berkata: "Tell me what you eat and i will tell you what you are".
Cacing Taenia Saginata (jenis cacing pita), cacing Trichinella Spiralis dan Salmonella di antara bakteri dan parasit yang banyak ditemukan dalam daging babi. Cacing pita juga ditemukan pada hewan-hewan ternak lainnya seperti Taenia Soleum pada sapi. Namun streuktur anatomi cacing pita pada babi merupakan jenis yang paling berbahaya karena pada kepala cacing pita tersebut (colex) terdapat alat pemngait (Resteleum) yang akan mencengkeram saluran cerna dengan kuat dan sukar sekali untuk dilepaskan.

Bahaya Minuman yang Memabukkan
Dari Abdullah bin Umar ra. berkata bahwa Nabi SAW bersabda: " Setiap zat, bahan, atau minuman yang dapat memabukkan dan melemahkan (akal sehat) adalah khamar dan setiap khamar adalah haram". (al hadits)
Khamar merupakan "ibu dari segala kejahatan". Sehingga dalam suatu hadits dinyatakan: "Allah melaknat khamar, peminumnya, yang memberi minum, yang membelinya, yang menjualnya, yang memproduksinya, yang minta dibuatkan, yang membawanya, yan minta dibawakan dan yang mengambil harganya". (HR Abu Daud dan Hakim). Ada korelasi yang positif antara kecelakaan lalu lintas dan tindak kriminal dengan konsumsi alkohol. Mengkonsumsi alkohol mengakibatkan banyak disfungsi fisiologis, efek toksik alkohol mendepresi sistem syaraf sentral baik jalur eksitasi maupun inhibisi yang menyebabkan pelakunya mengalami sejumlah gangguan perilaku berupa kehilangan kontrol, hilang rasa malu, turun mood, kehilangan memori hingga delirium(Delirium adalah suatu sindrom dengan gejala pokok adanya gangguan kesadaran yang biasanya tampak dalam bentuk hambatan pada fungsi kognitif).
Para peminum alkoho yang akut/kronis memiliki efek samping yang membahayakan tubuh, mencederai sistem hormonal menyebabkan hipoglikemik ( suatu keadaan dimana kadar gula darah (glukosa) secara abnormal rendah.), meningkatkan klirens testosteron (berhubungan dengan hormon pertumbuhan dan pembuahan) dan merusak sejumlah organ-organ pencernaan. terdapat hubungan yang signifikan antara penyakit pankreas (radang kelenjar pankreas), ulsus peptikum (luka dilambung), karsinoma gaster (kanker lambung), cirhosis hepatis (perubahan jaringan hati) hingga jantung koroner dengan riwayatt mengkonsumsi alkohol.

Na'udzubillah ya?, rupanya mengapa Allah mengharamkan beberapa makanan dan minuman itu karena benar-benar mengandung bahaya bagi manusia. Semoga setelah membaca artikel ini kualitas keimanan kita bertambah. Dan tentunya rasa cinta kita kepada Allah pun bertambah pula. Karena lihatlah! betapa Allah sangat sayang kepada umat Islam, kita semua. Selamat berbahagia menjadi orang Islam. :)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *