Mengobati Flu dengan Obat Alami

 
 
 Kondisi tubuh tidak kita selamanya dalam keadaan sehat dan fit, perubahan cuaca dan interaksi dengan orang lain sangat memungkinkan anda akan terserang Flu. 
 
  Hal lain yang juga menjadi pemicu anda terserang flu adalah kecapaian, virus dan stres itulah beberapa faktor yang paling sering menimbulkan infeksi pada tenggorakan dan hidung yang berakibat munculnya gejala pilek seperti hidung mampet, tenggorakan serak dan kepala terasa pusing.

Bagi anda yang mempunyai jadwal dan kesibukan yang tinggi sudah pasti flu akan menjadi penghambat aktivitas anda.
Hal paling sederhana yang dapat anda lakukan untuk meredam flu adalah memanfaatkan waktu liburan anda dengan tinggal dirumah dan beristirahat. Bekerja dalam keadaan flu akan menambah parah flu anda, dan teman anda akan lebih menghargai jika anda tidak melakukan penyebaran virus di lingkungan kerja.

Setelah dipastikan anda akan tinggal dirumah saat flu, maka langkah selanjutnya adalah memanfaatkan waktu dengan maksimal untuk tidur. Dengan tidur tubuh akan mendapat energi baru semacam kompensasi waktu atas kerja tubuh yang berlebih.

Selama anda beristirahat usahakan jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula seperti kue, es krim dan lainnya. Kandungan gula dalam darah dapat menurunkan daya tahan tubuh anda terhadap infeksi. Makanlah buah-buahan, sari buah atau jus.
makanan,minuman dan hal terbaik untuk mencegah dan mengobati flu,adalah:
 
1) Teh Hijau
Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Jepang menyatakan bahwa minum 2 cangkir teh hijau setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit ini hingga 70%. Dua zat utama katekin dan teanin, merupakan antioksidan yang baik untuk mengatasi flu.Air putih sangat disarankan untuk mereduksi flu, bila dalam kondisi normal Anda minum 6 sampai 8 gelas sehari maka ketika flu sebaiknya konsumsi air putih ditingkatkan menjadi 10 gelas sehari. Air putih dapat menghanyutkan virus dari tubuh anda melalui keringat dan air seni.
 
2) Sup Ayam
Anda dapat mengatasi flu Anda dengan cara yang lebih nikmat. Ya, makan sup ayam! Uap dari sup bisa melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir pernapasan saat Anda terserang flu. Selain itu, komposisi air pada sup dapat diserap tubuh untuk membantu mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan. Kandungan gizi pada ayam juga memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh, membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada saluran hidung dan sinus.
Penyakit flu mempunyai beberapa tahapan saat gejalanya mulai menyerang yaitu melalui tenggorokan, kepala dan dada. Namun tahapan itu tidak selalu berurutan, bisa saja anda terkena terlebih dahulu pada bagian kepala atau tenggorokan.

3)
Jus Sayur
Membuat dan menikmati semangkuk salad mungkin baik dilakukan untuk mengatasi flu. Minum jus sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jus sayur kaya akan antioksidan. Ini adalah bentuk sayuran yang paling mudah Anda konsumsi saat Anda memiliki masalah dengan pencernaan.Apabila gejala flu yang anda rasakan terlebih dahulu menyerang tenggorokan, maka anda dapat berkumur dengan larutan garam panas untuk meringankan gejalanya. Anda hanya perlu menyiapkan segela air panas (80 derajat Celsius) dan setengah sendok teh garam, larutkan garam tersebut kedalam air panas dan berkumurlah selama lima menit dan
lakukan 3 kali sehari. Setelah itu siapkan sapu tangan yang telah dibasahi air dingin kemudian taruh dalam kain flanel kemudian lilitkan pada leher seperti saat mengompres kepala. Diusahakan jangan minum air dingin dahulu. 
 
4) Bawang Putih
Kelebihan bawang putih adalah, ia memiliki sifat antimikroba yang dapat menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan saluran pernapasan dengan mencegah hidung tersumbat. Bila Anda tidak dapat mengonsumsinya secara langsung, campurkan bawang putih ke dalam masakan favorit Anda.Untuk flu yang diawali dari sakit kepala, yang perlu anda lakukan adalah merendam kaki dengan menggunakan air panas agar aliran darah akan lancar ke kepala sehingga bisa menghilangkan rasa sakit.

5) Pisang
Pisang merupakan buah yang mudah dicerna karena teksturnya yang lembut, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain itu kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat membantu meringankan nyeri otot dan kram, dan mengatasi flu.


6) Jahe
Saat Anda demam dan terserang flu, jahe dapat menghangatkan tubuh Anda. Lebih dari itu, jahe juga dipercaya membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Campurlah jahe dengan minuman kesukaan Anda. Untuk hasil terbaik, konsumsilah dalam keadaan hangat.


7) Jus Jeruk
Kandungan vitamin C yang tinggi dan karotenoid dalam jus jeruk adalah antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dan efektif untuk mencegah perkembangan virus influenza dalam tubuh Anda. Untuk mengatasi flu, minumlah 100% jus jeruk dan rasakan manfaatnya segera.


8)  Vitamin E
Makan makanan kaya vitamin E seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan padi-padian.

9) Cabai
Beri cabai pada makanan. Cabai atau makanan yang pedas membantu membersihkan membran mucous.

10) Madu, sangat baik untuk meredakan batuk, selain memiliki nilai gizi tinggi yang dibutuhkan tubuh agar cepat pulih. Tahukah anda, bahwa obat batuk banyak yang berbahan dasar madu?

11) Jus Air Limun (Lemonade)
Untuk membuatnya, cuci lemon dan kupas kulitnya, buang lapisan bagian putih dan bijinya. Masukkan sarinya dalam panci dengan setengah air dan gula. Didihkan hingga gula larut. Tutup panci dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Dinginkan, kemudian saring campuran, tambahkan lemon yang sudah dibersihkan sebelumnya. Minum tanpa bahan tambahan apapun lagi.


12) Kunyit
Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit segar ke dalam 30-35 gram susu dan minuman hangat lainnya. Campuran ini berguna untuk meringankan gejala flu dengan cepat.

13) Kompres
 Bantalan kompres hangat sangat baik untuk dada dan kepala pada saat flu. Jaga agar saat istirahat (tidur) badan tidak kedinginan, selimut katun yang hangat baik untuk mengeluarkan keringat yang akan mempercepat proses penyembuhan. Balut juga telapak kaki dengan kaus kaki, dan apabila harus masuk kantor, balut leher dengan syal. Bagian-bagian ini diusahakan agar tetap dalam kondisi hangat agar mempercepat proses penyembuhan.

14). Mandi Air Hangat
Mandi air hangat dianjurkan karena meningkatkan kondisi dada pasien dan mengurangi hidung tersumbat. 

15) Menghirup Uap Air
Menghirup uap hangat juga meringankan hidung tersumbat

16) Berkumur Dengan Air Garam
 Sering-seringlah berkumur dengan air garam yang hangat. Hal tersebut supaya bakteri dalam mulut pada mati.

17) Banyak Minum Air Putih
Perbanyak minum air putih. Air putih sangat bagus untuk tubuh sehingga mempercepat sembuhnya penyakit. Jangan minum yang manis-manis karena akan memperparah batuk.
 
18) Beristirahatlah yang cukup.
 
semoga ilmu pengobatan flu tanpa obat kimia ini dapat segera menyembuhkan anda. Aamiiin Ya Allah.. :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *