Atur Kadar Asam Lambung Anda, Hindari Gangguan Pencernaan

Perut memang berisi cairan asam alami yang diproduksi untuk mengaktifkan enzim yang berguna untuk pencernaan. Namun, selain menyakitkan, asam lambung yang berlebih juga bisa membuat tenggorokan tidak nyaman dan menimbulkan rasa terbakar di ulu hati.

Dilansir Boldsky, Selasa (29/10/2013), inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur kadar keasaman lambung atau mengurangi asam lambung berlebih:

1. Minum cukup air
Dehidrasi adalah penyebab utama dari masalah asam lambung. Sebab, air sebenarnya bisa menetralkan asam di lambung. Jadi, minumlah air dalam jumlah yang sudah ditentukan agar asam lambung Anda tetap terjaga kenetralannya.

2. Hindari makanan pedas, asin, dan asam
Makanan yang sulit dicerna dan mengandung asam bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Bahkan, makanan pedas dan asin pun ikut berkontribusi pada dehidrasi dan naiknya kadar asam lambung atau gangguan pencernaan lain seperti mulas dan radang. Jika seperti itu, Anda perlu mendinginkan perut dengan makanan 'pendingin' seperti yogurt dan air kelapa.

3. Minum susu
Cara mudah mengurangi asam lambung yaitu dengan minum segelas susu. Selain mengurangi panas perut, susu juga bisa memberi efek dingin.

4. Kunyah daun mint
Mengunyah daun mint yang dingin dan menyegarkan adalah cara sederhana dan alami untuk mengurangi asam lambung. Selain mengurangi asam lambung, mint juga membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

5. Berhati-hati saat makan
Ketika Anda makan, jangan biarkan udara berlebih masuk ke dalam mulut. Hal ini bisa mengakibatkan kembung dan terbentuknya gas yang tidak diinginkan. Ketika Anda mengeluarkan gas saat bersendawa, bisa jadi sendawa membawa kelebihan asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan peradangan.

6. Hindari rokok dan alkohol
Merokok dan minum alkohol bisa meningkatkan kadar asam dalam perut. Jadi, singkirkanlah kebiasaan mengonsumsi dua benda itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atur Kadar Asam Lambung Anda, Hindari Gangguan Pencernaan"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *