Bekam Bukanlah Pengobatan Alternatif



Bekam, secara istilah, berarti peristiwa penghisapan kulit, penyayatan dan mengeluarkan darah dari permukaan kulit, yang kemudian ditampung ke dalam gelas.

Dalam buku-buku Eropa, bekam didefinisikan dengan “suatu metode pengobatan dengan menggunakan tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada permukaan kulit agar menimbulkan bendungan lokal. Hal ini disebabkan oleh tekanan negatif di dalam tabung, agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah tersebut dikeluarkan dari kulit dengan dihisap, dengan tujuan meningkatkan sirkulasi energi chi dan darah, menimbulkan efek analgetik (menghilangkan nyeri), mengurangi pembengkakan, serta mengusir pathogen angin, baik dingin maupun lembab.

Sedangkan Kitab-kitab Arab, memberikan pengertian tentang Bekam sebagai berikut:
(Bekam adalah mengeluarkan darah dari kulit dengan cara menghisap, kemudian penyayatan ringan pada permukaan kulit, kemudian dilakukan penghisapan lagi agar darah bisa keluar dan menimbulkan kesembuhan dengan izin Allah Ta’ala).
Bekam bukanlah pengobatan alternatif seperti yang dikatakan kebanyakan orang, karena Rasullullah SAW melakukan bekam bahkan menganjurkan umatnya untuk melaksanakan bekam, hal ini tercantum dalam hadits shohih Sunan Abi Dawud Nabi Muhammad bersabda, “ Aku tidak berjalan di hadapan sekelompok Malaikat pada malam ketika diisra’kan, kecuali mereka berkata, “wahai Muhammad, perintahkanlah Umatmu untuk berbekam”.

Hadits-hadits tentang Bekam
1.    “Kesembuhan itu ada dalam 3 hal: yaitu meminum madu, sayatan dengan alat bekam dan kay. Namun, Aku melarang umatku melakukan kay”. (H.R Bukhari).
2.    Dalam Shohihul Bukhori dan Muslim, Rasulullah bersabda, “Bahwasanya Rasulullah pernah berbekam, dan memberi imbalan bagi yang membekam”.
3.    Dalam Shohihul Bukhori dan Muslim, Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalam bekam”.
4.    “Hendaklah kalian berbekam, karena dapat menyembuhkan 72 penyakit”. (H.R Tirmidzi).

Penyakit yang Dapat disembuhkan dengan Bekam
1.    Gangguan pada nyeri otot, tulang dan sendi, contoh: pusing, migrain, sakit pada tulang belikat/ punggung, nyeri lutut/ tumit, nyeri jari tangan, nyeri ginjal, ulu hati, sakit gigi dll.
2.    Gangguan dan penyakit dalam, contoh: tekanan darah rendah/tinggi, flu/batuk, asma, diare, sembelit, beser, impotensi, epilepsi, beser, sulit tidur, kecerdasan dll.
3.    Penyakit bedah, contoh: kandung empedu, batu ginjal,wasir, batu empedu, dll.
4.    Gangguan dan penyakit kewanitaan, contoh: nyeri haid, keputihan, kesuburan, ASI tidak lancar, radang payudara, mual hamil dll.
5.    Gangguan Panca Indera, contoh: katarak, penyakit pendengaran, radang hidung, sinusitis, gatal-gatal, jerawat, menajamkan penglihatan, mimisan, sariawan dll.

Tubuh kita memerlukan berbekam, karena bekam dapat mengeluarkan/ mengangkut tumpukan sampah metabolisme tubuh/ sel darah mati yang dapat menyebabkan penyakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bekam Bukanlah Pengobatan Alternatif"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *