MAKANAN & HAL-HAL YANG MENAMBAH KEKEBALAN / SISTEM IMUN TUBUH 


Musim tak menentu seperti sekarang tubuh rentan sekali terkena berbagai penyakit. Dari yang ringan hingga yang sakit 'serius', na'udzubillah. Jika sudah seperti itu mau ibadah dan beraktivitas juga terasa berat dan sulit. Sungguh jauh lebih baik bila kita dapat mencegah berbagai penyakit. Bukankah tubuh ini adalah titipan Allah?, maka sudah kewajiban kita untuk menjaga sekuat tenaga.
Asupan penambah sistem imun tubuh dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk menangkal flu dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini dikatakan Akademi Gizi dan Diet di AS. Bahkan kekurangan sedikit gizi dapat mempengaruhi kemampuan kesehatan tubuh, kata Heather Mangieri, ahli diet di akademi tersebut.

"Mengkonsumsi nutrisi yang baik, dapat menambah kekebalan tubuh," kata Mangieri.

Mangieri memberikan gambaran makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

1. Protein merupakan bagian penting dari sistem pertahanan tubuh anda. Sumber protein berasal dari makanan laut, daging tanpa lemak, unggas, telur, kacang-kacangan dan kacang polong, produk kedelai dan kacang-kacangan dan biji-bijian tanpa garam.
2. Vitamin A membantu mencegah infeksi dengan menjaga kulit dan jaringan di mulut, lambung, paru-paru dan usus yang sehat. Nutrisi ini, ditemukan dalam ubi jalar, wortel, kangkung, bayam dan paprika merah. Vitamin A juga membantu tubuh mengatur sistem kekebalan tubuh.
3. Vitamin C memicu produksi antibodi. Jeruk dan stroberi adalah salah satu makanan yang kaya vitamin C.
4. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat memberikan dorongan untuk sistem kekebalan tubuh. Orang yang ingin mendapatkan vitamin E dalam diet mereka harus makan biji bunga matahari, almond, biji bunga matahari atau minyak safflower, hazelnut, selai kacang atau bayam.
5.Beberapa percaya bahwa zinc, zat gizi yang ditemukan dalam daging sapi tanpa lemak, gandum, kepiting, dedak gandum, biji bunga matahari, kacang polong, almond, susu dan tahu, dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
 
Di bawah ini beberapa makanan yang membantu ketahanan tubuh Anda agar tidak terserang penyakit:


Wortel
Seperti yang Anda sudah ketahui, kulit adalah baris pertahanan yang sangat penting, melindungi bagian luar dan dalam tubuh Anda. Untuk itu, mengonsumsi wortel sangat bermanfaat menjaga tubuh Anda tetap sehat. Alasannya, wortel mengandung vitamin A yang bisa menambah kekebalan tubuh. Sebaliknya, kekurangan vitamin A ini akan membuat Anda lemas dan meningkatkan risiko terkena penyakit.

Yogurt
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gangguan kesehatan itu biasanya menyerang saluran pencernaan. Untuk itu bila Anda mengonsumsi yoghurt, hal itu bisa menyapu bakteri atau kuman di usus Anda. Hal ini seperti yang Anda ketahui bahwa yogurt adalah bakteri baik (prebiotik) yang bermanfaat untuk menjaga usus tetap sehat dan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Teh celup
Selain membuat pernapasan Anda plong saat flu, ternyata teh mempunyai manfaat yang sangat tinggi. Hal ini karena teh hitam mengandung asam amino kecil yang dapat membantu dan menambah sistem kekebalan tubuh.

Apel
Mengonsumsi apel sangat bermanfaat, karena mempunyai satu senyawa yang terbukti membantu mengurangi potensi terkena penyakit atlet saat latihan berat. Selain itu, makanan yang mempunyai manfaat sama untuk Anda bisa dikonsumsi ialah stroberi dan anggur.

Bawang Putih
Biasanya bawang putih hanya dikenal sebagai bumbu masak biasa meskipun banyak yang tidak suka karena baunya yang menyengat dan rasanya yang getir. Namun ternyata bawang putih kaya akan zat antiviral dan antibakteri yang berfungsi menstimulasi pembentukan sel darah putih yang berguna sebagai antioksidan dalam tubuh.

Sayuran berwarna cerah 
Carotenoids seperti Beta carotene merupakan salah satu antioksidan yang sangat penting yang berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh manusia. Zat ini ditemukan pada warna kuning cerah, oranye cerah, dan hijau cerah pada sayuran. Menggabungkan beberapa sayuran tersebut adalah cara yang sangat penting agar zat-zat yang terkandung didalamnya dapat bekerja sama memperkuat sistem imun tubuh. 

Kacang tanah 
Bahan makanan ini kaya akan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan hebat, seperti omega 3, vitamin E, dan zick. Studi menunjukkan memakan kacang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis. 

Strowberry dan blueberry 
Vitamin C dan bioflavonoid yang terkandung dalam buah berry tersebut sangat baik untuk antioksidan karena dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel dalam tubuh. 

Ikan dan Kerang
Ikan mengandung berbagai senyawa untuk meningkatkan kekebalan, termasuk asam lemak omega-3 dan antioksidan selenium. Asam lemak omega-3 terutama ditemukan dalam lemak ikan seperti salmon, mackerel, tuna, trout dan ikan haring serta biji rami, meningkatkan aktivitas fagosit.

Coklat 
Dari beberapa jenis makanan penambah daya tahan tubuh ini mungkin inilah yang paling menjadi favorit Anda. Antioksidan konsentratnya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, mengonsumsi coklat juga dapat mengurangi resiko sakit jantung, membantu menjaga tingkat kolesterol, dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak pada penderita diabetes. 

Buah Kesemek atau Persimmons 
Mengandung banyak vitamin A dan C 

Kacang-kacangan 
Selain berprotein tinggi, kacang-kacangan juga mengandung zinc yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan T-cell yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Teh Hijau Teh hijau itu mengandung antioksidan EGCG, yang dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker. Susan Bowerman, asisten direktur di Center for Human Nutrition, University of California, Los Angeles mengungkapkan "Fitonutrien pada teh juga mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan". Menurut beliau, fitonutrien bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri jahat di saluran cerna seperti E.coli, Clostridium, dan Salmonella, sehingga kerja bakteri baik tidak terganggu. Ini penting dilakukan karena, 70% sistem imunitas tubuh berada di saluran cerna. Cukup konsumsi 4 cangkir teh hijau sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Cabai
“Cabai merangsang metabolisme, bertindak sebagai pengencer darah alami dan membantu mengeluarkan endorphin”, ujar Gunnar Petersen, celebrity trainer bersertifikasi. Cabai juga dapat ditambahkan ke dalam makanan tanpa menambah jumlah kalorinya. Cabai juga kaya dengan beta karoten, yang mengubah vitamin A di dalam darah dan melawan infeksi. Demikian juga capsaicin yang bertugas menghambat neuropeptida (kimia yang menyebabkan peradangan). Cabai pedas bahkan memiliki kandungan antikanker. Konsumsilah satu sendok makan cabai per hari untuk membantu badan tetap bugar.

Jahe
Berlawanan dengan apa yang diyakini selama ini, jahe bukanlah akar, namun batang, yang berarti mengandung senyawa hidup yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Senyawa yang terkenal bermanfaat adalah gingerol, senyawa yang dapat menekan kanker seperti yang ditunjukkan berbagai studi, efektif melawan kanker kolon. Gepraklah jahe segar, tambahkan ke dalam minuman atau makanan yang hendak disantap. Semakin banyak konsumsinya akan semakin baik, Bisa menghangatkan badan juga lho dikala dingin.

Bluberi
Buah kecil-kecil yang sangat ampuh ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit, mulai kanker hingga penyakit jantung”, ujar Ryan Andrews, direktur penelitian di Precision Nutrition, Toronto, Kanada. Satu piring saji atau setara dengan 3,5 ons bluberi mengandung kandungan antioksidan lebih banyak dibandingkan buah apa pun. Campurkan dengan lemon dan stroberi kemudian blender, maka akan menjadi makanan super yang ampuh memerangi berbagai penyakit.

Kayu Manis atau Cinnamon Sticks
Dikenal sebagai pemanis dan bumbu pelengkap untuk makanan India, kayu manis kaya antioksidan yang menghambat penggumpalan darah dan pertumbuhan bakteri (termasuk bau mulut yang bikin minder). “Berbagai studi juga menunjukkan bahwa kayu manis membantu menstabilkan gula darah, mengurangi diabetes tipe 2”, ujar pakar diet Nancy Clark, penulis buku Nancy Clark’s Sports Nutrition Guidebook (Human Kinetics, 1996). Bonusnya, kayu manis dapat mengurangi kolesterol jahat. Cobalah setengah sendok teh per hari, campurkan dalam minuman.

Ubi Jalar
Percaya atau tidak, ubi jalar (sweet potato) merupakan makanan paling sehat sejagad? Ubi jalar mengandung zat glutation, sebuah antioksidan yang dapat menambah metabolisme nutrient dan meningkatkan system kekebalan tubuh, juga berfungsi memerangi penyakit Alzheimer, Parkinson, penyakit hati, cystic fibrosis, HIV, kanker, serangan jantung dan stroke. “Sepotong ubi jalar per hari cukup sebagai makanan pengganti nasi lengkap dengan manfaat hebatnya”, ujar Nancy Clark.

Tomat
Suka ada yang nanya, tomat itu buah ato sayuran sih??? nih jawabannya, tomat merupakan sayuran yang ampuh melawan herpes. Kandungan likopen pada tomat juga membantu memerangi penyakit degeneratif. Tomat yang dimasak dan dibuat pasta bekerja paling baik. Konsumsilah sebutir tomat atau 12-20 ons jus tomat untuk menu harian.

Kurma/korma
Kurma diperkaya dengan potasium, mangan, dan antioksidan, buah ini membantu mendukung level pH yang sesuai bagi tubuh, membuat patogen sulit masuk ke jantung pertahanan tubuh. Kandungan serat pada kurma dapat menurunkan kadar insulin dan gula darah, mengurangi risiko diabetes dan sindrom metabolik. Pilih kurma yang berkulit gelap karena mengandung lebih banyak gizi, makanlah empat kurma sehari untuk mendukung sistem kekebalan Anda.

Jamur (reiki, shiitake, maitake)
Jamur lezat jika ditambahkan ke nasi merah. Namun jamur tersebut juga kaya dengan antioksidan yang disebut ergothioneine, yang dapat melindungi sel-sel tumbuh dari pertumbuhan abnormal dan bereplikasi menjadi sel mutan. “Intinya, jamur dapat mengurangi risiko kanker,” ujar Susan Bowerman, yang merekomendasikan konsumsi jamur setengah cangkir untuk dua kali seminggu. Masaklah dengan anggur merah, yang mengandung antioksidan resveratrol, akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Delima
Jus buah delima dapat mengurangi risiko kanker, berkat kandungan polifenol yang disebut ellagitannin yang memberi warna pada buah. Studi terbaru di UCLA menemukan bahwa jus buah delima memperlambat sel kanker prostat dengan sebuah faktor enam. “Minum secangkir jus delima setiap hari”, saran Bowerman.

Penambah sistem imun di luar makanan dan minuman adalah:
 
1) Punya teman baik : 
Teman memang penting, tetapi ikatan sosial yang baik berdampak besar bagi kesehatan. Sebuah studi menyatakan orang yang punya hubungan kuat 50 persen lebih kuat dibanding orang yang jarang bergaul.

2) Tertawa : 
Meski masih perlu dibuktikan lagi tetapi ada beberapa studi yang menemukan kaitan antara tertawa dan meningkatnya sistem imun. Bila ternyata tak terbukti secara ilmiah, bukankah tak ada ruginya tertawa karena itu akan membuat hati lebih bahagia. Dan yang pasti, jangan berlebihan ya?!!

3) Rajin bergerak : 
Berolahraga sudah terbukti akan meningkatkan sistem imun. Kegiatan fisik yang dilakukan secara teratur juga bisa mengurangi stres, menurunkan risiko osteoporosis, penyakit jantung, dan berbagai tipe kanker. Lakukan olahraga dalam intensitas sedang beberapa kali dalam seminggu.

4) Tidur malam yang cukup: 
Tanpa tidur yang cukup, sistem imun tubuh akan kesulitan mendapatkan yang ia butuhkan untuk melawan penyakit. Orang dewasa rata-rata butuh 7-9 jam per jam tidur malam.

5) Hindari kalori kosong : 
Makanan yang diproses seperti makanan cepat saji, snack, permen atau soda tidak mengandung vitamin, serat, atau zat gizi lain. Bahkan makanan-makanan tersebut malah mengandung zat pengawet dan bahan kimia yang mungkin bisa berbahaya.

6) Bersikap positif :
Sebuah penelitian terhadap mahasiswa sekolah hukum menunjukkan ketika mereka merasa optimis, sistem imun mereka lebih kuat.

Subhanalloh, Allah berfirman "Maka hendaklah manusia itu memperhatikan apa yang dimakannya..." (Qs. 'Abasa: 24). Semua hal di atas sungguh sangat berkaitan dengan apa yang di ajarkan Islam. Dari mulai memperhatikan apa yang kita makan, hidup sehat ala Rasul dengan tidur malam yang cukup, berakhlaq baik, berteman dengan orang-orang yang baik, dan lain sebagainya.
Alhamdulillah..


Sumber: health.okezone.com
            www.infojajan.com
            www.metrotvnews.com
            fauzikun.wordpress.com
            eryanta.16mb.com
            bunda-drs.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *