"PENYEBAB-PENYEBAB PRIA SUDAH BOTAK DI USIA 20-an TAHUN DAN CARA MENGATASINYA"


Pertumbuhan rambut yang sudah tidak terjadi lagi sehingga menjadi kebotakan seringkali membuat laki-laki takut, sebab akan menurunkan kepercayaan dirinya. Tak hanya pada usia 40-an tahun, kebotakan juga bisa terjadi di usia 20-an tahun. Mengapa?

Spesialis rambut dari Swedia, dr Fred Zuli dan peneliti dari Italia, dr Falvio Ferrari, mengungkapkan penyebab-penyebab mengapa laki-laki bisa mengalami kebotakan di usia muda.

1. Stres
Dr Ferrari mengungkapkan stres dapat menyebabkan kebotakan dialami laki-laki pada usia muda. Tingkat stres masyarakat perkotaan saat ini yang cukup tinggi membuat semakin besar juga jumlah laki-laki di usia muda yang mengalami kebotakan.

2. Kurang nutrisi sehat
"Nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan rambut, sehingga Anda harus memberinya makan," ungkap seorang trichologist, dr Apoorva Shahdr Shah.

Hubungan antara makanan dan rambut cukup sederhana. Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, sehingga sangat penting menyertakan protein yang cukup dalam menu makan sehari-hari.

Kurang asupan protein membuat tubuh menyimpan protein yang tersedia untuk keperluan lain sehingga membuat rambut kehilangan nutrisinya. Dr Shah menganjurkan untuk mengonsumsi sayur bayam, almond, walnut, tahu dan susu. Konsumsi teh hijau juga efektif karena dapat menghalangi timbulnya hormon dihidrotestosteron (DHT), yaitu hormon yang menyebabkan rambut rontok.

3. Merokok dan minuman alkohol
Nikotin yang dikandung oleh rokok diketahui dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga mengurangi pertumbuhan rambut dan mengurangi nutrisi untuk rambut.

Sementara alkohol diketahui menyerap zat besi di dalam tubuh dan menghambat penyerapan zinc. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi dan menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting. Karena seperempat rambut mengandung air, alkohol yang berlebihan akan selalu membuatnya rapuh.




4.
Terlalu banyak mengkonsumsi berkarbohidrat tinggi.
Hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, pasta, dan kentang. Karbohidrat diubah menjadi glukosa selama proses pencernaan. Hal ini menyebabkan gula darah dalam tubuh meningkat. Mengurangi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh dapat membantu mengurangi kerontokan. 


5.
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkadar lemak dan sodium tinggi
Hindari mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak dan sodium tinggi. Lakukan diet atau pola makan rendah lemak untuk membantu menekan proses penipisan rambut. Menurut beberapa hasil penelitian, kebotakan terjadi karena kadar testosterone yang tinggi yang mana merupakan dampak dari mengonsumsi makanan berlemak dan berprotein hewani yang tinggi. "Perubahan gaya hidup sederhana seperti tidur 7-8 jam per hari, minum 1 gelas air setiap jam, dan selalu makan makanan yang kaya akan protein secara berkala dapat memberi 80 persen perubahan sehat bagi rambut," ungkap dr Ferrari.

Dr Shah juga mengungkapkan, meskipun normal untuk kehilangan antara 50-100 helai rambut per hari, rambut rontok yang serius atau alopecia adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh. Perbaiki struktur rambut dengan mengonsumsi:

- Vitamin B3, B5, B9, dan E (jeruk, bayam, ayam, ikan, brokoli, dan kacang kedelai)
- Zinc (gandum, susu, gandum, dan kuning telur)
- Magnesium (susu, tuna, pisang, dan kacang mete)
- Besi (ikan, sayuran hijau, sereal, dan kacang-kacangan)




Berikut ini berapa pemaparan makanan penumbuh/penyubur rambut kepala:
  1. Bayam.
    Makanan ini mengandung zat besi yang ampuh mencegah rambut dari kebotakan. Karena, banyak orang cenderung mengalami kebotakan, atau masalah kerontokan karena mereka kekurangan zat besi.
  2. Telur.
    Makanan ini penuh dengan protein dan biotin. Merupakan makanan yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Kekurangan biotin serta protein menyebabkan rambut anda rapuh. Untuk mendapatkan kadar ideal, maka anda sangat dianjurkan pula untuk mengkonsumsi salmon, kacang almond, kacang tanah, dan alpukat secara rutin.
  3. Pisang, gandum, dan kismis.
    Merupakan daftar makanan yang mengandung silka mineral. Nutrisi tersebut diduga kuat dapat meningkatkan ketebalan rambut. Juga, seorang ahli menekankan bahwa makanan yang kaya akan mineral mampu membuat rambut anda menjadi lebih kuat, dan tahan lama.
  4. Sayuran hijau.
    Makanan seperti bayam, brokoli, dan kubis Brussel adalah makanan yang dikemas dalam vitamin A dan C. telah diketahui menghasilkan minyak kulit kepala yang berfungsi sebagai kondisioner rambut alami.
  5. Ubi jalar.
    Ini adalah makanan yang dikemas dengan beta-karoten, yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, zat yang begitu bermanfaat untuk rambut dan kulit. Vitamin A melindungi terhadap rambut kusam dan kulit kering, penyebab utama ketombe. Pilihan cerdas lainnya untuk mendapatkan rambut dan kulit bersinar adalah wortel, kale, asparagus, dan labu.

Rekomendasi herbal: MINYAK KEMIRI HITAM 

Sangat bermanfaat untuk:
- Menyuburkan rambut

- Mencegah kerontokan
- menguatkan akar rambut
- menghitamkan rambut

Cara penggunaan:

Aduk/ kocok dahulu sebelum dipakai. Oleskan yang rata pada rambut dan kulit kepala sambil di massage (dipijat). Diamkan selama kira-kira 30 menit. kemudian cuci dengan sampo biasa. 




Sumber: DetikHealt
            infosehatbugar.com
            www.tokomarwa.com
           

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *