"MAKANAN DAN HAL-HAL YANG DAPAT MERUSAK SISTEM IMUN TUBUH"

  1. Bahan pengawet.
    Biasanya bahan pengawet mengandung nitrat. Nitrat akan berubah menjadi zat nitrosamin yang dapat memicu jadinya kanker"
  2. Makanan Mentah
    Seperti Sushi, kerang lobster, tartar beef, Yukhoe dan Remis 100% tidak aman.
  3. Tidak bersosialisasi
    Kesibukan sering membuat Anda jarang berkumpul dengan teman. Padahal menikmati waktu libur sejenak dan menemui sahabat bisa membuat Anda merasa lebih baik. Jangan malah menghindari sosialisasi karena alasan sibuk karena kebiasaan itu bisa merusak sistem imun Anda.
  4. Suka begadang
    Jam berapa jadwal tidur Anda di malam hari? Sebaiknya jangan begadang dan penuhi kebutuhan tidur 7-9 jam per hari. Sebab suka begadang dan kurang tidur berpengaruh buruk bagi sistem kekebalan tubuh.
  5. Mudah putus asa
    Perilaku memang cukup susah diubah, terutama jika Anda adalah tipe orang yang mudah putus asa. Namun Anda harus berusaha untuk selalu berpikiran positif. Sebab apa yang ada dalam otak Anda cukup mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
  6. Membiarkan masalah
    Jika Anda bertengkar dengan pasangan atau teman, segera selesaikan masalah itu. Sebab membiarkan masalah berlarut-larut hanya akan membebani pikiran dan pada akhirnya merusak sistem imun secara perlahan.
  7. Stres
    Inilah salah satu pemicu utama perusak sistem kekebalan tubuh. Untuk menghindarinya, sebisa mungkin tenangkan diri sendiri ketika gejala stres sudah mulai muncul.
  8. Meminjam barang
    Lebih baik Anda memakai ponsel, pensil, dan segala barang yang sering Anda gunakan yang Anda miliki. Jangan membiasakan diri meminjam barang. Pasalnya barang tersebut adalah salah satu sarang kuman penyakit yang menganggu sistem imun Anda.
  9. Malas berolahraga
    Tidak masalah sebenarnya jika Anda tidak berolahraga. Tetapi setidaknya Anda harus aktif bergerak setiap hari. Jangan tergantung pada kendaraan bermotor saat pergi ke tempat terdekat. Lebih baik berjalan kaki demi memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  10. Sabun Antibakteri.
    Sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh dapat terganggu karena penggunaan sabun antiseptik atau antibakteri. Sabun itu mengandung zat yang dapat merusak respon imun tubuh terhadap bakteri. Menurut sebuah studi bahwa anak yang terpapar dari zat antibakteri lebih rentan terkena suatu penyakit.
  11. Menggunakan Antibiotik Tanpa Resep Dokter
    Konsumsi antibiotik saat kita sakit ternyata juga dapat mengurangi daya tahan tubuh kita. karena alasan itulah ternyata kita dilarang meminum antibiotik secara sembarangan. Antibiotik yang dikonsumsi tersbeut dapat memangkas sitokin yang ada yaitu hormon yang bertugas pada sistem kekebalan tubuh, terlebih saat kita sedang sakit.
  12. Makanan kaleng
    Makanan kaleng yang dikonsumsi terus menerus pun ternyata dapat merusak sistem kekebalan tubuh kita. Betapa tidak? Ternyata, BPA yang terkandung di dalamnya dapat merusak sel imun tubuh seseorang. Kondisi tersebut dibuktikan dalam sebuah studi.
  13. Perokok pasif
    Anda mungkin tidak merokok, tetapi coba lihat sekeliling Anda. Apakah teman-teman Anda merokok? Jika iya, Anda patut waspada. Sebab menjadi perokok pasif pun mampu merusak sistem imun dalam tubuh.
  14. Tergantung antibiotik
    Antibiotik hanya berfungsi jika Anda mengalami infeksi bakteri. Pemakaiannya pun tidak boleh berlebihan. Jadi jangan sembarangan tergantung pada antibiotik atau efeknya bisa sangat buruk terhadap sistem imun.
  15. Jarang tertawa
    Apakah Anda orang yang terlalu serius dan jarang tertawa? Jika iya, berita buruk bagi Anda. Sebab jarang tertawa juga berperan dalam mempercepat kerusakan sistem imun.
    Itulah kebiasaan yang merusak sistem kekebalan tubuh. Jangan sampai Anda melakukannya jika tetap ingin hidup sehat dan terhindar dari penyakit.
  16. Banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi
    Konsumsi makanan berlemak tinggi dapat membuat kerja sel sistem kekebalan tertentu, lebih lamban dan kurang fungsional. Hal ini mengurangi kemampuan sel melindungi Anda dari penyakit. Untungnya, mengurangi konsumsi makanan berlemak bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara cepat.
    Peneliti di Tufts University menganalisis efek dari kebiasaan makan khas Barat, yang menunya mengandung 38 persen lemak. Lalu, mereka membandingkannya dengan dengan diet penurun kolesterol dengan 28 persen lemak, pada fungsi kekebalan tubuh. Diketahui, membatasi konsumsi makanan berlemak meningkatkan fungsi sel T, sejenis sel darah putih yang membantu menangkal infeksi. 
  17. Minum terlalu banyak alkohol
    Minum alkohol terlalu sering dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Ini merupakan temuan peneliti dari University of Massachusetts Medical School di Worcester.
    Konsumsi alkohol secara berlebihan membuat tubuh rentan terhadap infeksi dan penyembuhan luka yang buruk. Termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung, hati, dan pankreas.
    "Ini (alkohol) tidak bagus untuk perkembangan sel darah putih (yang melindungi tubuh terhadap penyakit menular)," kata Neil Schachter, MD, profesor kedokteran di Mount Sinai School of Medicine.
  18. Produk susu tinggi lemak
    Produk susu yang memiliki kadar lemak tinggi merupakan sumber tambahan untuk lemak jenuh. Disarankan untuk memilih susu, yogurt, keju atau makanan lain yang rendah lemak agar bisa memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Terlebih sekarang ini banyak para produsen yang memproduksi susu rendah lemak tinggi kalsium
  19. Konsumsi gula berlebih
    Mengonsumsi gula berlebih hingga 8 sendok makan per hari bisa mengurangi kemampuan sel darah putih untuk menghancurkan kuman sebesar 40 persen. Efek ini sudah mulai terasa sejak 30 menit dari saat tertelan hingga 5 jam ke depan. Asupan gula ini bisa berasal dari permen, seral warna warni, sirup, selai, jeli, kue dan biskuit.

    Sumbe: www.peterlim-mba.com
               forum.detik.com
               life.viva.co.id
               www.ceriwis.com
               www.ceritamu.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *