MENYEMBUHKAN ALERGI SECARA ALAMI

Zat-zat yang memicu alergi disebut alergen. Ini bisa memicu reaki alergi yang tingkat serangannya mulai dari yang teringan hingga mengancam nyawa penderitanya. Berikut adalah metode sederhana cara mengobati alergi, dikutip dari SymptomFind, Selasa (8/1).

1. Hidrasi

Menjaga tubuh anda dengan benar dan tetap terhidrasi adalah salah satu solusi alami mengatasi banyak alergi. Dengan minum banyak cairan, teritama air putih, anda dapat membuat tubuh anda tetap babble sepanjang waktu.

Kondisi ini akan membantu alergen terbang ke udara, sama halnya dengan debu dan serbuk sari yang beterbangan. Selain air putih, seseorang perlu juga menjamin mineral penting berikut tetap ada dalam tubuhnya. Di antaranya sodium, kalium, magnesium, dan kalsium.

Jika masih berusia sekolah, perbanyaklah konsumsi mineral dan multivitamin yang bisa diperoleh dari bayam, biji-bijian, dan kenyang.

2. Bersihkan hidung

Bagi anda penderita sinusitis, maka anda dapat membersihkan hidung anda dengan air asin. Anda dapat membeli larutan garam di toko obat, atau anda bisa membuatnya sendiri dengan cara mencampurkan air putih dengan garam laut.

3. Mandi oatmel

Sama halnya dengan mengobati cacar air, mengonsumsi oatmeal juga menjadi cara bagus untuk membantu meringankan alergi kulit akibat ruam. Namun, pola konsumsinya berbeda. Bagaimana caranya? Jawabannya adalah mandi oatmel.

Anda cukup menyertakan satu hingga dua mangkuk oatmeal dan menggilingnya dengan blender sampai menjadi bubuk. Isi bak mandi anda dengan air hangat lalu campurkan dengan bubuk oatmeal ini. Kemudian, berendam di dalamnya. Cara mandi dengan oatmeal ini dapat mengobati rasa gatal akibat alergi.

 4. Konsumsi probiotik

Bakteri baik atau yang lebih dikenal dengan sebutan probiotik merupakan satu item kesehatan yang harus kita konsumsi. Bentuknya bisa berupa yoghurt yang selama ini banyak dijual di pasaran. Ketidakseimbangan bakteri di usus juga bisa menjadi penyebab reaksi alergi yang umum dirasakan.

5. Penyedot debu

Jika anda ingin mengurangi risiko menghirup alergen udara, tak ada salahnya berinvestasi dengan alat penyedot debu. Kehadiran penyedot debu sedikit banyak akan memperbaiki kualitas udara di rumah. Udara kotor cenderung menjadi penyebab alergi di rumah.

6. Kurangi debu

Mengurangi debu yang menjadi penyebab alergi bisa dilakukan dengan berbagai langkah, diantaranya Kedengarannya mencuci seprei tempat tidur anda setiap pekannya. Selain itu, menutup kasur, bantal, dan guling anda dengan sarungnya masing-masing. Cuci juga boneka-boneka anda yang mungkin saja mengandung tungau. Mutia Ramadhani

7. Minum teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu solusi alami pengobatan alergi yang mudah diperoleh untuk membantu mengurangi reaksinya terhadap kulit. Cukup mencelupkan teh hijau dalam cangkir, kemudian gosokkan airnya ke bagian tubuh yang alergi.

Teh hijau membantu mengurangi bekas kemerahan, pembengkakan, dan iritasi dari alergi kulit. Cara ini bisa digunakan beberapa kali sehari.

8. Konsumsi Quercetin

Quercetin adalah sejenis flavonoid yang dapat digunakan sebagai obat alergi alami. Sistem kekebalan tubuh melepaskan histamin yang akan bereaksi dengan quercetin. Quercetin adalah antihistamin alami yang dapat membantu mengurangi reaksi alergi dan mengurangi peradangan.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung quercetin. Di antaranya apel, bawang, brokoli, anggur merah, tomat, dan nanas.

Beberapa obat alergi mungkin saja menyebabkan reaksi lagi pada beberapa orang. Jika menyadarinya, sebaiknya hentikan penggunaannya. Mutia Ramadhani

Sumber:  www.republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Contact Form

Name

Email *

Message *